15 Tipe Pengguna Sosial Media, Tipe yang Manakah Anda?

15 Tipe Pengguna Sosial Media, Tipe yang Manakah Anda?

Setelah muncul berbagai macam social media rupanya banyak tipe pengguna sosial media yang ada di dunia. Apakah anda pernah menyadarinya? Jika belum, mari informasinya bersama, di sini.

15 Tipe Pengguna Sosial Media
Sosial media yang muncul beberapa tahun belakangan memberikan kemudahan untuk penggunanya. Banyak manfaat yang dirasakan dari kemunculannya, seperti kemudahan bertukar informasi dengan cepat dan murah. Namun rupanya, dibalik kesuksesan kemunculan sosial media di masyarakat dibarengi dengan munculnya beberapa tipe pengguna sosial media. Karena berbeda-beda, penting mengetahui apakah anda termasuk dalam salah satu tipe pengguna media sosial tersebut.

Keuntungan yang didapat saat mengetahui beragam tipe dari pengguna sosial media adalah anda dapat menjadi salah satu didalamnya atau tidak merasa aneh jika tidak mendapatkan balasan dari akun lain. Karena mungkin saja akun sosial media yang dimiliki berada dalam komunitas silent reader atau pengguna sosial media lainnya. Mulai tertarik mengetahui lebih dalam tentang tipe-tipe pengguna sosial media yang ada di masyarakat? Tidak perlu sulit mencari informasinya, karena jawabannya ada disini.

15 Tipe Pengguna Sosial Media, Andakah Salah Satunya?
Banyak jenis pengguna sosial media yang ada di masyarakat, mungkin salah satunya anda dan banyak yang tidak menyadarinya. Untuk mengetahui jenisnya, berikut ulasan lengkapnya.

1.    Tipe Like
Mungkin anda pernah melihat satu dua orang yang menggunakan akunnya untuk menyukai semua postingan seseorang. Hal ini bukan karena dia ingin melakukan pendekatan, namun memang merupakan seorang pengguna sosial media dengan tipe liker. Jadi mereka akan memberikan like untuk semua postingan yang dilakukan oleh teman terdekat, baik itu berupa status ataupun pengiriman foto yang sama sekali tidak berhubungan dengan mereka.

2.    Tipe Short Comment
Dalam kesempatan tertentu, anda mungkin pernah menemukan akun yang terus memberikan komentar akan setiap postingan. Postingan yang diberikan mungkin saja belum selesai, namun post sudah diberikan komen. Komen yang diberikan biasanya berbentuk emot ataupun tulisan dalam beberapa huruf.

3.    Provokator
Siapa yang bilang di sosial media anda tidak akan mendapatkan musuh? Melainkan melalui sosial media pencarian musuh dapat dilakukan dengan mudah. Terlebih kini sudah muncul tipe pengguna sosial media yang dikenal dengan provokator. Tipe ini akan membantah semua ucapan yang disampaikan, hingga akhirnya mereka menang. Jika tidak ingin berdebat terlalu lama dengan tipe ini, sebaiknya lakukan block pada orang-orang yang dirasa demikian.

4.    Alay
Pada awal kemunculannya, sosial media menjadi media untuk anak-anak ataupun remaja mengekspresikan pendapatnya. Sayangnya hal ini terlalu berlanjut, sampai memunculkan tipe pengguna alat dalam sosial media. Tipe alay dalam sosial media biasanya menggunakan nama-nama alay sebagai nama akunnya. Namun tidak perlu khawatir, seiring pengguna akun tersebut dewasa, nama akun alay tersebut akan segera diganti untuk menjaga nama baiknya.

5.    Jenis Curhat
Seperti yang telah disampaikan bahwa banyak bermunculan tipe-tipe pengguna sosial media di masyarakat. Salah satu tipe yang paling sering muncul adalah tipe curhat. Dalam hal ini, para pengguna sosial media memanfaatkan sosmed sebagai media untuk mencurahkan perasaannya. Tidak heran, jika akun-akun curhat di media sosial saat ini sangat berkembang pesat.

6.    Tipe Guru
Pernahkah anda menemukan akun seperti ini? Akun ini akan memberikan pandangannya namun seolah-olah menggurui akun lain. Akun seperti ini dikenal dengan nama tipe teacher. Tipe teacher akan menjelaskan beragam hal terkait informasi yang disampaikan di sosial media. Namun, semua yang disampaikan berdasarkan pengalaman dan terkadang menjadi penengah.

7.    Tipe Stalker
Siapa diantara anda yang tidak mengetahui bahwa di sosial media banyak akun yang berguna untuk stalker akun lain? Akun ini biasanya dimiliki oleh fans ataupun yang membenci akun lain. Untuk menjaga agar akun ini tidak menganggu, sebaiknya private semua data pribadi terkait. Karena stalker yang sudah mumpuni, akan membahayakan keberadaan semua data tersebut.

8.    Tipe Sok Artis
Pengalaman mungkin mengajarkan anda dan membuat mengerti bahwa banyak tipe-tipe pengguna sosial media di masyarakat. Salah satu tipe yang sering muncul di sosial media adalah tipe sok artis. Tipe ini akan memamerkan setiap benda yang dimilikinya di sosial media. Sebut saja, akan muncul akun yang memamerkan kucing barunya ataupun benda-benda lainnya.

9.    Tipe Family
Untuk yang satu ini, sepertinya sangat jarang ditemui di sosial media. Kalaupun ada, hanya tersedia beberapa dari sekian banyak akun yang anda miliki. Pengguna sosial media tipe ini biasanya melakukan posting tentang kegiatan keluarga ataupun sharing pengalaman tentang keluarga. Pemilik akun tipe ini sangat membantu untuk yang baru berkeluarga.

10.    Tipe Bully
Rupanya di sosial media, muncul pula orang-orang yang memiliki keinginan untuk membuli orang lain. Tipe ini juga memiliki tim yang solid dan memiliki perilaku yang sama satu sama lain. Karena buli merupakan hal yang dilarang, sebaiknya hindari jika terdeteksi akun-akun bully di akun anda. Jika dirasa keterlaluan, lakukanlah block untuk mengamankan akun.

11.    Tipe Fans Fanatik
Banyak pula orang yang menggunakan akun sosial medianya untuk memantau orang-orang yang disukai, seperti artis, penyanyi ataupun lainnya. Tipe akun ini dikenal dengan tipe fans fanatik, akun mereka akan berisi tentang orang-orang yang disukai. Sebut saja, kesukaan terhadap K-Pop, maka isi dari akun tersebut adalah hal-hal berbau K-POP.

12.    Tipe Pebisnis
Salah satu manfaat dari memiliki akun sosial media adalah menjalankan bisnis dengan mudah dan murah. Jika memiliki teman dengan tipe akun ini, siap-siaplah DM anda akan dipenuhi dengan produk-produk yang dijual. Tidak hanya DM, biasanya akun akan memposting banyak hal-hal terkait produk di home. Jadi bersiap-siaplah jika home dipenuhi produk-produk jualan.

13.    Tipe Silent Reader
Satu lagi pengguna sosial media yang harus diperhatikan adalah tipe silent reader. Tipe ini memiliki komentar yang sangat minim untuk setiap post yang diada di sosial media. Bahkan akun ini cenderung akan diam saja, jika ada posting yang diberikan. Jika mendapatkan teman dengan tipe ini, tidak perlu baper dengan tidak adanya respon darinya.

14.    Tipe Deniers
Dalam beberapa kesempatan, mungkin anda akan bertemu dengan orang-orang seperti ini. Sebenarnya mereka akan menggunakan waktu untuk beberapa lama untuk memainkan akun sosial medianya. Namun, mereka enggan dikatakan sebagai pengguna sosial media. Hal yang perlu dilakukan jika bertemu orang ini adalah diam dan cobalah membicarakan hal lain.

15.    Tipe Ultras
Berbeda dengan tipe deniers, tipe ini mengakui dirinya menggunakan sosial media. Bahkan lebih parahnya, mereka menganggap sosial media penting untuk dimiliki. Jadi, mereka menggunakan sosial media dengan waktu khusus setiap harinya. Jika waktu yang dimiliki tidak cukup, mereka akan mencoba menggunakan sosial media di waktu-waktu lenggang.

Manakah yang sesuai dengan tipe akun anda? Jika merasa sebagai salah satunya, ketahuilah keuntungan dan kekurangan yang didapat jika menjadi bagian dalam tipe pengguna sosial media tersebut. Karena segala sesuatunya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.


0 Response to "15 Tipe Pengguna Sosial Media, Tipe yang Manakah Anda?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel